Blog

Bersatu Kita Maju

Tanggal 28 Oktober 2019 diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda yang ke-91. Ada makna yang mendalam bagi sejarah bangsa ini dalam isi Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928.

Isi Sumpah Pemuda adalah:

Pertama

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa Indonesia dalam mengawali kesadaran kebangsaan. Ikrar atau Sumpah Pemuda yang dibacakan di arena Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 dan dihadiri oleh kaum muda lintas suku, agama, dan daerah tersebut merupakan ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Makna yang terkandung adalah bahwa peristiwa bersejarah itu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 ini, Menteri Pemuda dan Olahraga RI melalui Surat Edaran No 10.1.1/Menpora/DII/X/2019 tentang Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019, menyatakan bahwa tema peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap perbedaan suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE-91

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*