Blog

  • Home /
  • Berita/Dukcapil Ikut Berperan Wujudkan Tujuan Bernegara dan Berbangsa

Dukcapil Ikut Berperan Wujudkan Tujuan Bernegara dan Berbangsa

 

Dalam konteks mencerdaskan bangsa, misalnya, bukan hanya tugas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) semata. Ada juga peran Dukcapil yang mencerdaskan bangsa di bidang Adminduk.  Hal tersebut dikatakan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh, di acara Penutupan Bimbingan Teknis Kapasitas Pengelola SIAK Bagi ADB Kabupaten/Kota Angkatan V Tahun 2019, Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Zudan menjelaskan bagaimana tujuan bernegara dan berbangsa yang tertuang di pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sekaligus juga menuntut Dukcapil untuk membuat masyarakat bahagia dengan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).

“Bagaimana kita melindungi segenap bangsa? Itu bukan hanya tugas TNI/Polri. Dukcapil melindungi rakyat Indonesia dengan cara memberi dokumen kependudukan. Bagaimana kita mencerdaskan bangsa? Dukcapil pun sudah ikut andil atas itu semua,” tutur Zudan.

Oleh karena itu, Zudan berpesan agar seluruh jajarannya selalu melakukan introspeksi setiap kali menginjakkan kaki ke kantor Dukcapil, baik yang di pusat maupun yang tersebar di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Introspeksi kita, setiap datang ke kantor, apakah hari ini pelayanan kita sudah membuat rakyat kita yang datang ke Dukcapil berbahagia. Yang salah kita betulkan, yang jelek kita perbaiki” pungkasnya.

Dukcapil Bisa!!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*