Blog

  • Home /
  • Berita/Permohonan Akta Kelahiran terlambat Di Kab. Gunungkidul meningkat 350%

Permohonan Akta Kelahiran terlambat Di Kab. Gunungkidul meningkat 350%

Peristiwa penting bagi seseorang perlu diabadikan melalui berbagai macam bentuk,  misalnya dengan foto, video, dan  macam bentuk lainnya. Biasanya hanya terbatas pada kenangan manis. Hal ini dimaksudkan untuk menyimpan kenangan  dan mengungkapkan  kembali waktu terjadinya peristiwa.

Lain halya dengan peristiwa penting, dimana  penduduk harus mencatatkannya dalam pencatatan sipil  pada  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  sebagai konsekwensi warga negara yang  baik. Hal ini sebagaimana dimaksud dengan UU Nomor 23 Tahun 2006 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang  Nomor 24  Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, pasal 3) Setiap Penduduk wajib melaporkan Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting yang dialaminya kepada Instansi Pelaksana dengan memenuhi persyaratan yang diperlukan  dalam Pendaftaran Penduduk dan  Pencatatan Sipil.

Pencatatan Sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang  dalam register Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan  dan  Pencatatan Sipil. Peristiwa penting dimaksud adalah kejadian yang dialami seseorang meliputi kelahiran, kematian, lahir mati, perkawinan,  perceraian, pengakuan anak, pengesahan anak, pengangkatan anak, perubahan nama dan perubahan status kewarganegaraan.

Salah satu yang paling menarik  berupa peristiwa kelahiran, walaupun pada dasarnya banyak juga yang terlambat  dalam mencatatkannya untuk diterbitkannya Kutipan Akta Kelahiran.   Kriteria terlambat sebelum UU Nomor 24 Tahun 2014 adalah  pertama   setelah 60 sd 1 (satu) tahun  dan  lebih dari 1 (satu)  tahun harus  melalui penetapan pengadilan. Dengan telah ditetapkannya Putusan Mahkamah Konstitusi (MK)  Nomor 18/PUU-XI/2013,  dimana  mulai 1 Mei 2013 pencatatan kelahiran yang melampui batas waktu 1(satu) tahun, pencatatannya tidak lagi memerlukan penetapan pengadilan negeri. Tetapi pencatatan dan penerbitan akta kelahiran dilaksanakan setelah mendapatkan Keputusan Kepala Instansi Pelaksana setempat yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Dengan adanya  kemudahan tersebut layanan akta kelahiran terlambat meningkat luar biasa yaitu dari 2.788 pemohon menjadi 9.761 (350,11%); Alasan yang muncul dimasyarakat mengapa dulu belum mengurus keterlambatan akta adalah karena adanya ketakutan Sidang di Pengadilan, karena persepsi masyarakat ketika dipengadilan selain ada biaya sidang juga adanya penilain/kesan

masyarakat bahwa kalau dipengadilan itu dinilai penyelesaian masalah kriminal.

14 komentar pada “Permohonan Akta Kelahiran terlambat Di Kab. Gunungkidul meningkat 350%”

  1. Gareng    

    Mulai sekarang tidak boleh terlambat lagi dan pengurusan Akta kelahiran harus lebih mudah, tidak berbelit belit kayak sembelit

  2. purwo    

    Mohon info syarat2 yg d butuhkan untuk mengurus pembuatan akta lahir terlambat lebih dari satu tahun. Dan

  3. Eriyani    

    untuk syarat pengurusan akta terlambat apa saja ya?
    kemudian apa boleh membawa saksi dari sanak saudara sendiri?
    kebetulan saya akan mengurus akta kelahiran saya dan adik saya

  4. Ariyanto    

    Kepada yth,
    Bpak / Ibu Petugas Dukcapil GK,

    Selamat Pagi,

    Mohon ijin bertanya pengenai pengurusan akte kelahiran yang telat dengan setaus Orang tua sudah cerai, yang ingin saya tanyakan :

    1.Apakah untuk surat cerai dari PA Wonosari cukup salah satu dari orang tua saja
    2.Untuk saksi apakah perlu dihadirkan atau cukup Poto copy KTP saksi saja
    3.Untuk saksi 2 orang itu, Ibu kandung dan kakak kandung sudah bisa, atau perlu orang lain.
    4.Untuk pengurusan yang diwakilkan, untuk anak yang masih SD perlu ada surat kuasa.
    5.Apakah dokument persyaratan harus dilegalisir semua
    6.Untuk proses penyelesaian Akte kelahiran berapa lama

    Demikian hal ini saya sampaikan untuk proses kelancaran dalam mengurus akte kelahiran adik saya, atas perhatian dan bantuan dari Bapak / Ibu Petugas saya haturkan banyak terimakasih.

    • Dukcapil GK    

      Selamat siang
      Berikut jawaban dari kami atas pertanyaan-pertanyaan Saudara :
      1. Ya
      2. Pengurusan akta kelahiran yang melebihi waktu satu tahun harus dengan verifikasi data dengan menghadirkan dua orang saksi
      3. Saksi yang dimaksud pada point 2, HARUS orang lain yang mengetahui peristiwa tersebut.
      4. Pelaporan yang dilakukan oleh orang lain harus dengan surat kuasa bermaterai cukup
      5. Dokumen yang berupa foto copy harus dilegalisir oleh instansi yang berwenang
      6. Proses penyelesaian sesuai dengan SOP maksimal 14 hari kerja.
      Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*