Profil

Alamat

Jalan Brigjen Katamso No.1 , Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, 555862

Kontak

(0274)391287, Fax (0274)391287

Email

dukcapil@gunungkidulkab.go.id

Profil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah dibidang kependudukan dan pencatatan sipil. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah dan tugas pembantuan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul dalam membangun dan melaksanakan manajemen kinerja dengan menjalankan mandatnya, telah menetapkan Visi dan Misi dalam Renstra SKPD sebagai tindak lanjut RPJMD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2010 -2015 sebagai berikut:
Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul adalah :

“Terwujudnya tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil pada tahun 2012, tertib dan cepat pada tahun 2013-2015”.

Dalam mencapai visi tersebut di atas maka dirumuskan misi sebagai upaya arah dan langkah pencapaiannya sebagai berikut:
a. Tertib penyelenggaraan pelayanan pendaftaran penduduk;
b. Tertib penyelenggaraan pelayanan pencatatan sipil;
c. Tertib penyimpanan data kependudukan dan pencatatan sipil;
d. Pelayanan cepat dan pasti; serta
e. Maksimalisasi sosialisasi.

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  2. perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. penyiapan bahan dan pelaksanaan penyuluhan di bidang kependudukan dan pencatatan
  4. sipil;
  5. pelaksanaan pembinaan kependudukan dan pencatatan sipil;
  6. pengkoordinasian pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi
  7. administrasi kependudukan;
  8. pelaksanaan fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervisi, dan konsultasi
  9. pelaksanaan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  10. penyelenggaraan dan penatausahaan administrasi kependudukan;
  11. pelayanan administrasi kependudukan dan akta catatan sipil;
  12. pelaksanaan pengendalian, pengarahan mobilitas, dan persebaran penduduk;
  13. pengelolaan data dan informasi kependudukan dan pencatatan sipil;
  14. penerapan, pengelolaan, dan pengembangan sistem informasi kependudukan dan
  15. pencatatan sipil;
  16. penetapan indikator kependudukan, proyeksi penduduk, dan analisis dampak
  17. kependudukan;
  18. penyelenggaraan kerja sama di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  19. penyelenggaraan pendataan dan analisis data kependudukan dan pencatatan sipil;
  20. pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional bidang
  21. kependudukan dan pencatatan sipil;
  22. pengelolaan UPT; dan
  23. pelaksanaan kesekretariatan dinas.
  • Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Kedudukan, dan Tugas Dinas-Dinas Daerah
  • Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 20 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Kedudukan, dan Tugas Dinas-Dinas Daerah;
  • Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 190 Tahun 2008 Tentang Uraian Tugas Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil;
  • Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 61 Tahun 2011Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 190 Tahun 2008 Tentang Uraian Tugas Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil.

Peta Lokasi