Blog

  • Home /
  • Berita/Prosedur Pengajuan Permohonan Pencatatan Pembatalan Akta Kelahiran

Prosedur Pengajuan Permohonan Pencatatan Pembatalan Akta Kelahiran

Kelahiran merupakan suatu peristiwa hukum yang memerlukan adanya suatu peraturan yang tegas, jelas dan tertulis sehingga tercipta suatu kepastian hukum bagi masyarakat. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan beberapa peraturan diantaranya adalah peraturan mengenai administrasi kependudukan salah satunya adalah tentang kelahiran.
Peristiwa kelahiran itu perlu bukti yang otentik, karena untuk membuktikan identitas seseorang yang pasti dan sah adalah dapat kita lihat dari akta kelahiran yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang mengeluarkan akta tersebut. Namun dewasa ini tak jarang masyarakat melakukan pengajuan perubahan nama, perbaikan nama maupun pembatalan Akta Kelahiran karena alasan-alasan tertentu.

Untuk melakukan pembatalan Akta Kelahiran dapat mengajuan permohonan pembatalan Akta Kelahiran melalui Pengadilan Negeri dengan membawa bukti-bukti yang dapat menguatkan permohonan, seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk Pemohon, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Akta Kelahiran, fotokopi Kutipan Akta Perkawinan dan saksi-saksi.

Pemohon juga harus membayar biaya yang ditetapkan Pengadilan dari proses pembatalan Akta Kelahiran. Setelah menyelesaikan prosedur Pemohon akan dipanggil oleh jurusita/jurusita pengganti untuk menghadap ke persidangan setelah penetapan Susunan Majelis Hakim dan hari sidang pemeriksaan perkaranya. Setelah mendapatkan Surat Penetapan Pengadilan maka pencatatan pembatalan Akta pencatatan sipil dilakukan oleh pejabat pencatatan sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil yang menerbitkan Akta pencatatan sipil. Pencatatan pembatalan Akta pencatatan sipil membuat dengan mebuatkan catatan pinggir pada Register Akta pencatatan sipil, menarik dan mencabut Kutipan Akta pencatatan sipil dan menerbitkan Akta pencatatan sipil sesuai dengan perintah putusan pengadilan.

Oleh : Santa Maria Yuli Purwawati
Bidang : Data dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

4 komentar pada “Prosedur Pengajuan Permohonan Pencatatan Pembatalan Akta Kelahiran”

  1. Nelson simbolon    

    Istri saya telah mengikuti persidangan sesuai prosedur yaitu persidangan untuk pencabutan salah satu akte lahir anak kami akan tetapi setelah kita ajukan kedisdukcapil hasil persidangan tersebut malah kami tdk memperoleh solusi,utk itu kami minta tolong laangkah apalagi yg hrs kami tempuh dan apa sebenarnya yang diadili kalau memang tidak bisa menetapkan dan memerintahkan disdukcapil dalam hal pencabutan salah satu akte lahir anak kami tersebut padahal kita mengeluarkan biaya yg tdk sedikit lho.apakah cuma uang itu yg pengadilan negeri batam harapkan tanpa memberikan kepastian kpd masyarakat yg membutuhkan kepastian tersebut.

    • Dukcapil GK    

      Pembatalan akta melalui penetapan PTUN, penetapan PTUN memerintahkan (eksekusi) kepada Dinas Dukcapil sesuai penetapannya. Tanpa ada perintah dari PTUN, Dinas Dukcapil tidak bisa mengeksekusi (tindakan yang harus dilakukan).
      Terimakasih

  2. Achmad Munaja Ghufron    

    Salam, selamat pagi!
    Saya Naja ingin bertanya.
    Jika saya mempunyai kasus dimana saat saya umur 1 tahun, orang tua saya bercerai. Karena bibi saya waktu itu sudah menikah lama namun blm mempunyai keturunan, saya diangkat anak oleh Bibi saya saat saya berumur 1,5 tahun dan belum dibuatkan akta kelahiran. Saat saya mau masuk TK, dibuatkan akta kelahiran oleh bibi saya. Karena ketidak tahuan orang jaman dulu (Bibi dan paman saya), mereka tercantum sebagai orangtua kandung. Saat saya SMP, bibi saya meninggal dan saya hidup serumah dengan paman saya yang notabennya tidak ada hubungan darah dengan saya. Sekarang saya sudah 21 tahun paman saya (ayah angkat) saya mulai menyukai saya sejak saya 18 tahun dan beberapa kali terucap kata dan perlakuan frontal bahwa dia suka dengan saya dan dia mulai melewati batas. Sekarang ini, ibu kandung saya sedang berupaya mengeluarkan saya dari jeratan paman saya yang terus mengejar saya, dan ada hambatan di dokumen negara yg mana memang saya tercatat sbg anak kandung dari paman saya itu. Saya telah berkonsultasi kesana kemari dan solusi sementara bagi saya yaitu mengajukan permohinan pembatalan akta kelahiran oleh pengadilan negeri boyolali, sedangkan saat saya ke PN Byl, mereka bilang tidak bisa dan cobalah ke disdukcapil sedangkan sepemaham saya yangmana saya butuh putusan pengadilan untuk pembatalan akta kelahiran di disdukcapil.
    Mohon maaf malah sedikit curhat karna memang kami orang awam orangtua saya juga hanya lulusan SD dan saat ini saya sedang kebingungan harus bagaimana terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*