Blog

  • Home /
  • Berita/” SEMEDI ” Program Baru Dukcapil Gunungkidul

” SEMEDI ” Program Baru Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya adalah Semedi  yang merupakan program baru Dukcapil Gunungkidul, Sehari mesti Jadi. Sejak awal tahun 2018 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul melaksanakan ujicoba pelayanan terintegrasi dengan desa se-kecamatan Wonosari. Pelayanan ini bersifat terpadu dimana dalam satu permohonan, warga dapat memperoleh 3 sampai 4 dokumen sekaligus. Sebagai contoh dalam satu permohanan akta kelahiran pemohon akan mendapatkan KK (Kartu Keluarga), KIA (Kartu Identitas Anak), dan Akta Kelahiran itu sendiri sekaligus dalam satu hari.

Setelah hampir 3 bulan terlaksananya program ini, Alhamdulillah Dukcapil Gunungkidul mendapat tanggapan yang sangat positif dari berbagai masyarakat. Diharapkan Dukcapil Gunungkidul lebih meningkatkan pelayanan yang lebih cepat dan akurat. Diharapkan pula kedepannya, pelayanan terintegrasi ini bisa dirasakan juga oleh semua desa di kabupaten Gunungkidul.

Sebelumnya Dukcapil Gunungkidul juga sudah melaksanakan Perekaman KTP-elektronik untuk jompo dan penyandang disabilitas hingga ke rumah-rumah (door to door ) dan juga Perekaman KTP-elektronik ke sekolah-sekolah untuk pemula.

2 komentar pada “” SEMEDI ” Program Baru Dukcapil Gunungkidul”

  1. Warseno    

    Saya di tanggerang ..bagaimana cara membuat surat pindah .bisa online tidak..trimakasih

    • Dukcapil GK    

      Belum bisa. Sedangkan persyaratan berdasarkan UU Adminduk antara lain :
      – Surat keterangan RT/RW, dukuh
      – Mengisi formulir pindah di desa
      – KK dan KTP
      – Semua dokumen di bawa ke kecamatan
      – Dari kecamatan dokumen persyaratan di bawa ke Dinas Dukcapil

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*