Blog

  • Home /
  • Pelayanan Umum/“Simpel” Dinas Dukcapil Raih Juara I Lomba Kreativitas dan Inovasi Tahun 2020

“Simpel” Dinas Dukcapil Raih Juara I Lomba Kreativitas dan Inovasi Tahun 2020

Hal ini berdasarkan Berita Acara Penilaian yang telah dilaksanakan oleh Tim Penilai Lomba Krenovamaskat no 01/TPLK/VII/2020 dan Keputusan Kepala Bappeda Kabupaten Gunungkidul No 042/KPTS/2020 tentang Penetapan Pemenang Lomba.

Dinas Dukcapil mengirimkan karya berupa aplikasi sistem pelayanan pengurusan dokumen kependudukan dan dokumen pencatatan sipil (Aplikasi SIMPEL). Aplikasi Simpel ini digunakan untuk memfasilitasi administrasi kependudukan dan pencatatan sipil Dinas Dukcapil Kabupaten Gunungkidul. Selain mempercepat proses pelayanan, aplikasi ini hadir untuk mengatur agar tidak terjadi penumpukan pelayanan pada satu titik waktu tertentu. Dinas Dukcapil Gunungkidul dapat menentukan waktu pengambilan dokumen sesuai dengan distribusi waktu. Adapun tujuan dibangunnya sistem pelayanan ini antara lain untuk mengintegrasikan seluruh pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Gunungkidul, hingga pengarsipan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

SIMPEL terdiri dari : sistem antrian, pengerjaan dokumen, pencatatan penyerahan dokumen, dan kearsipan. Dengan adanya sistem pelayanan ini, dapat diketahui statistik dan data pelayanan di Dinas Dukcapil Gunungkidul. Dalam pengembangannya, kedepan sistem ini akan ditambahkan dengan sistem tracking dan notifikasi kepada pemohon kalau dokumennya sudah selesai dan dapat diambil.

“Aplikasi ini dibuat secara mandiri oleh ASN Dinas Dukcapil yang dipimpin oleh Kasi Pengolahan dan Penyajian Data Anton Wibowo, SKom. Kategori yang dipilih adalah Tata Kelola Pemerintahan yang baik  yaitu melalui peningkatan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk memberikan kepuasan pada masyarakat dan kelancaran proses pelayanan secara tertib, cepat dan nyaman dengan semangat one day services dan motto IKHLAS,” jelas Amri Krisnadi. Lebih lanjut Amri menjelaskan bahwa One Day Service berarti pelayanan sehari harus jadi. Penduduk mendapatkan output berupa 3 sampai 4 dokumen sekaligus dalam satu kali proses pengajuan atau bisa disebut juga pelayanan 3 in 1 atau 4 in 1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul juga memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menerapkan motto pelayanan ‘IKHLAS’.

Aplikasi SIMPEL bisa dilihat di channel youtube ‘Disdukcapil Gunungkidul’ dengan alamat https://www.youtube.com/watch?v=HqL78ya88wU&t=9s  sebagai bentuk informasi dan sosialisi kepada masyarakat.

Penyerahan hadiah diserahkan langsung  oleh Bupati Gunungkidul Hj Badingah, SSos, pada Kamis (30/7).

Dukcapil Bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*