Blog

Pegawai Dukcapil Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Meski terjepit oleh jadwal libur lebaran Idulfitri 1440 H, tapi tidak mengurangi niat jajaran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila, tanggal 1 Juni 2019. Demikian halnya Karyawan-Karyawati Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul. Mereka tampak semangat mengikuti upacara tersebut. Hal ini merujuk pada surat dari Menteri Dalam Negeri Nomor 019.1/4110/SI, dalam surat tersebut Gubernur dan Bupati diminta untuk melaksanakan upacara serta melaksanakan kegiatan yang mendukung pemahaman nilai-nilai Pancasila.

Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Gunungkidul digelar di Alun-Alun Wonosari. Tema peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 ” Kita Pancasila Bersatu Berbagi Berprestasi “, bertindak Irup Dr. Drs. Immawan Wahyudi, MH (Wakil Bupati Gunungkidul).

“Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin,” jelas Presiden RI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara.

Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati. Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Tampak hadir dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Gunungkidul antara lain Bupati Gunungkidul Hj. Badingah S.Sos, Ketua DPRD Gunungkidul Suharno SE, Dandim 0730/GK Letkol Inf Muh Taufik Hanif Y. S.Sos, Kapolres AKBP Ahmad Fuady SH SIK MH,  Kajari Wonosari Asnawi Mukti SH MH, Kepala PN Wonosari Kusnul, Kepala Pengadilan Agama wonosari Cacan Wijaya SH, Sekda Ir Drajad Ruswandano MT beserta para pejabat eksekutif di jajaran Pemkab Gunungkidul,  para perwira di jajaran Polres Gunungkidul, tamu undangan (tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ormas). Peserta upacara dari Korsik Pemkab Gunungkidul, Pasukan Kodim 0730/GK, Pasukan Polres Gunungkidul, Pasukan Satpol PP,  PNS (Korpri), Pelajar SMK/SMA, Pramuka, Pelajar SMP .

Dukcapil Bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Baca juga