Categories: Berita192 words0.7 min read

Apel Pagi Tahun Baru dengan Semangat Baru

AUTHOR

admin

DATE

August 24, 2020

CATEGORIES
SHARE

Bertempat di halaman kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul, Senin (24/8) dilaksanakan apel pagi. Apel diikuti seluruh karyawan-karyawati Dinas Dukcapil, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul Markus Tri Munarja, SIP, MSi.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas mengatakan bahwa apel pagi ini adalah apel pagi setelah Tahun Baru Hijriyah 1442 H. ” Dengan semangat baru kita adaptasi kebiasaan baru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dinas Dukcapil adalah unit layanan publik dalam pencapaian Misi Daerah yaitu meningkatkan tatakelola pemerintahan yang baik (good governance),” katanya.

Kepala Dinas juga menyampaikan bahwa pada tahun ini akan dilakukan ujicoba layanan Peka Latika Prima (Pelayanan Kapanewon Akta Kelahiran, Akta Kematian, dokumen KK dan KIA) menuju pelayanan prima. “Sementara akan diujicobakan ke 3 kapanewon, kita akan evaluasi pelaksanaannya dan kedepannya akan diterapkan ke seluruh kapanewon di Kabupaten Gunungkidul,” jelasnya.

Pelaksanaan kebijakan tersebut berupa kebijakan pelayanan administrasi kependudukan dengan menugaskan camat/penewu untuk melaksanakan proses layanan di 18 (delapan belas) kecamatan/kapanewon di Kabupaten Gunungkidul, dengan menggunakan sistem elektronik/daring. Hal ini dimaksudkan agar pelayanan dapat lebih dekat, menjamin pemerataan, menghemat waktu dan biaya pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat serta layanan dapat mengadaptasi kebiasaan baru sesuai dengan protokol kesehatan.

Dukcapil Bisa!!

Related articles