Apresiasi Bupati Gunungkidul Terhadap Gerakan Pambela Sungkawa (GPS)

Apresiasi Bupati Gunungkidul Terhadap Gerakan Pambela Sungkawa (GPS)

Gerakan Pambela Sungkawa (GPS) merupakan inovasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gunungkidul dalam hal penyerahan dokumen Akta Kematian beserta Dokumen Kependudukan lainnya kepada ahli waris dari penduduk yang meninggal sebelum acara pemakaman jenasah. Hal ini merupakan wujud dari pelayanan Dukcapil sampai ke tingkat Kalurahan.

Kegiatan GPS yang telah dilaksanakan mulai akhir tahun 2021, dan pada hari ini RABU tanggal 25 Januari 2023 bertempat di Aula GISA Dinas Dukcapil Gunungkidul, Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta memberikan apresiasi kepada Panewu dengan menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Panewu yang sangat aktif dalam kegiatan GPS di wilayahnya.

Adapun Panewu yang mendapatkan piagam penghargaan dari Bupati adalah Alsito, S.Sos (Panewu Tepus) dan Haryanto, SE (Panewu Semin). Kepala Dinas Dukcapil Gunungkidul Markus Tri Munarja,S.IP, M.Si dalam laporannya menjelaskan GPS telah dimulai sejak akhir tahun 2021 pengembangan dari inovasi PEKA LATIKA PRIMA.

Sampai saat ini sudah seluruh Kapanewon melaksanakan Kerjasama Pelayanan dengan Dinas Dukcapil Gunungkidul. Untuk kerjasama pelayanan dengan Kalurahan (PAKET LATIKA) saat ini sudah ada 78 kalurahan melaksanakan kerjasama sehingga masih ada 66 kalurahan yang belum melaksanakan kerjasama pelayanan.

Harapannya semoga dengan adanya penyerahan penghargaan dan apresiasi dari Bupati Gunungkidul terkait pelaksanaan GPS ini kalurahan yang belum menjalin Perjanjian Kerjasama Pelayanan bisa segera melakukan Kerjasama dengan Dinas Dukcapil Gunungkidul.

DUKCAPIL GUNUNGKIDUL,
URUS DEWE,
GAMPANG,
ORA MBAYAR!

Sebelumnya Selamat Hari Raya Imlek 2574 Kongzili

Ikuti Sosmed Kami

logo dukcapil

Jl. Ksatriyan No.36, Wonosari, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Sen – Jum: 8:00 – 15:00

Tentang Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Dukcapil Gunungkidul

Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Duckapil Gunungkidul - MKD © 2023