Jumlah Penduduk Gunungkidul Berdasar DKB Kemendagri Semester II 2019

Jumlah Penduduk Gunungkidul Berdasar DKB Kemendagri Semester II 2019

Berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) Kementerian Dalam Negeri pada Semester II Tahun 2019, Penduduk Kabupaten Gunungkidul berjumlah 769.907 jiwa yang tersebar di 18 kecamatan. “Informasi mengenai jumlah penduduk menurut jenis kelamin penting diketahui terutama untuk mengetahui banyaknya orang yang tinggal di suatu wilayah pada waktu tertentu sehingga dapat digunakan untuk merencanakan pelayanan sosial ekonomi seperti pendidikan, kesehatan, sandang, pangan dan papan serta kebutuhan sosial dasar lainnya sesuai dengan jenis kelamin penduduk, Kata Kepala Bidang PIAK Dinas Dukcapil Kabupaten Gunungkidul Dra Rohmi Rahayu di ruang kerjanya, Kamis (2/3).

Berdasarkan jenis kelamin, penduduk Gunungkidul terdiri dari 379.995 jiwa laki-laki dan 389.912 jiwa perempuan. Secara keseluruhan total jumlah penduduk berjenis kelamin perempuan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki, dengan selisih 9.917  jiwa.

Sedangkan berdasarkan jumlah penduduk keseluruhan, jumlah terbesar didominasi oleh kecamatan zone tengah dan zone utara. Kecamatan Wonosari merupakan kecamatan dengan penduduk terbesar karena merupakan daerah perkotaan yang menjadi pusat aktifitas perekonomian, pendidikan, dan pemerintahan.

Dukcapil Bisa!!

Sebelumnya Penyusunan Profil Perkembangan Kependudukan Kabupaten Gunungkidul

Ikuti Sosmed Kami

logo dukcapil

Jl. Ksatriyan No.36, Wonosari, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Sen – Jum: 8:00 – 15:00

Tentang Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Dukcapil Gunungkidul

Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Duckapil Gunungkidul - MKD © 2023