Blog

Selamat Ulang Tahun ke-188 Kabupaten Gunungkidul

Hari ini, Senin tanggal 27 Mei 2019, ada yang unik di Dinas Dukcapil Gunungkidul. Tidak seperti biasanya apel pagi ini karyawan karyawatinya mengenakan busana tradisional Jawa. Biasanya mereka mengenakan busana tersebut setiap Hari Kamis Pahing setiap bulannya. Nah …sekarang Hari Senin…Ada apakah gerangan?  Mungkin bagi masyarakat yang belum tahu pasti bertanya-tanya. Jawabannya adalah bahwa hari ini Kabupaten Gunungkidul memasuki usia ke-188, Gunungkidul lahir pada tanggal 27 Mei 1831.

Guna menyemarakan perhelatan ini, Pemerintah Kabupaten menggelar sejumlah acara. Namun begitu, banyak kegiatan peringatan HUT Gunungkidul ini yang akan dilakukan usai Hari Raya Lebaran. Hal itu untuk menghormati masyarakat yang tengah menjalankan ibadah puasa. Kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain, tanggal 25 Mei 2019 diselenggarakan pengajian akbar karena bertepatan dengan Nuzulul Qur’an. Kemudian pada 26 Mei malam tirakatan dan pada hari ini, tanggal 27 Mei diadakan  upacara di Bangsal Sewokoprojo Wonosari dengan mengenakan busana tradisional Jawa bagi seluruh ASN di Kabupaten Gunungkidul.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-188 tahun 2019 kali ini bertema “SEMPULUR: Tumangkar, Ngrembaka, Lestari”. Tema tersebut memiliki makna Seluruh karya besar Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk kesejahteraan masyarakat hasilnya dapat dinikmati dan tetap lestari (terus tumangkar, ngerembaka dan lestari). Sedangkan makna logo menitik beratkan pada semangat optimisme terhadap kondisi wilayah dan harapan untuk masa depan.

Dirgahayu Gunungkidul

Dukcapil Bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*