Blog

Dukcapil Gelar Bimtek Excelent Service

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Gunungkidul sebagai penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dengan menerapkan pelayanan prima /excelent service.  Oleh karena itu, melalui kegiatan pengembangan kapasitas aparatur, Dinas Dukcapil Gunungkidul melaksanakan diklat excelent service pada hari Sabtu (22/2) bertempat di Pendopo Desa Wisata Pentingsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Bimtek ini diikuti oleh seluruh jajajaran Dinas Dukcapil Gunungkidul, dengan narasumber Dra. Magdalena Sukartono (Konsultan SDM dan trainer). “Tujuan dari bimtek ini antara lain untuk meningkatkan kompetensi pelaksana baik secara pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan pelayanan secara profesional,” jelas Sekretaris Dinas Dukcapil Gunungkidul Drs Suryanto.

Adapun materi yang disampaikan adalah Service Exelence  With a Heart (Melayani Sepenuh Hati). Hal-hal yang harus dilakukan dalam melayani sepenuh hati antara lain : passionate (penuh semangat dan sukacita dalam melayani), progressive (menggunakan cara yang baru,unik /spesifik,menarik). “Penyelenggara pelayanan publik dalam melayani sepenuh hati harus proactive (segera menawarkan atau memberi bantuan sebelum ada perintah/permintaan), serta positive (berfikir dan berperilaku positif),” tambah Dra. Magdalena Sukartono.

Lebih jauh Dra. Magdalena Sukartono menjelaskan tentang kiat menangani komplain dari pemohon, antara lain dengan menurunkan emosi negatif, mendengarkan secara efektif, menunjukkan empati dengan pemilihan kalimat yang positif .

Setelah acara bimtek dilanjutkan kegiatan outbound untuk meningkatkan kemampuan fisik, psikis dan pengetahuan dalam pengembangan kerjasama kelompok, kepemimpinan, kepercayaan diri, strategi, dan pemecahan masalah.

Dalam sambutannya pada saat menutup acara bimtek, Kepala Dinas Dukcapil Gunungkidul Markus Tri Munarja, SIP, MSi berharap agar setelah mengikuti bimtek ini, seluruh jajaran Dinas Dukcapil Gunungkidul dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. ” Saya berharap kita semua dapat memberikan pelayanan prima dan melayani sepenuh hati kepada masyarakat.  Sehingga masyarakat puas dan bahagia dengan pelayanan kita, ” tambahnya.

Dukcapil bisa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*