Blog

Hari Pendidikan Nasional 2019

Uparaca peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 digelar pagi ini di Alun-alun Wonosari, (02/05). Tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.”

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dibacakan oleh Wakil Bupati Gunungkidul Dr. Drs. H. Immawan Wahyudi, M.H, selaku inspektur upacara, mengatakan bahwa tema peringatan Hardiknas tahun ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, eman papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.

Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan 4 sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan: keluarga, sekolah dan masyarakat.

Berdasarkan Data Konsolidasi Bersih Semester II Tahun 2018, data penduduk berdasarkan tingkat pendidikan di Kabupaten Gunungkidul adalah sebagai berikut:

hardiknas

Dari data di atas ternyata penduduk Kabupaten Gunungkidul yang telah menamatkan pendidikannya sampai Strata III sebanyak 114 orang, Strata II sebanyak 917 orang, Diploma IV/SI sebanyak 15.535 orang.

Dukcapil Bisa !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*