Blog

Mendagri Membuka Rakornas Dukcapil Tahun 2020

Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia, Direktrorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada tanggal 6-7 Oktober 2020 dengan tema “PENGUATAN KUALITAS LAYANAN ADMINDUK MENUJU SATU DATA KEPENDUDUKAN”. Rakornas ini diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan diikuti oleh seluruh jajaran Dukcapil baik di tingkat Pusat maupun jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Rakornas dibuka oleh Mendagri Prof. Drs. H Muhammad Tito Karnavian, MA, PhD. Dalam sambutannya, Tito menyampaikan data dukcapil diperlukan untuk survival of economy atau keberlangsungan hidup perekonomian. Tito memberikan contoh untuk pemberian bantuan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 dapat tepat sasaran, ketika data penerima bantuan dapat direnkosiliasi dengan database dukcapil. Data kependudukan menjadi informasi yang sangat berharga.

Tito juga menyampaikan agar Kepala Dinas Dukcapil untuk membuat terobosan, membangun kultur yang baik (kultur idealisme), praktek percaloan tidak boleh terjadi dan pungutan tidak diperbolehkan, agar moral hazard atau potensi kerusakan tidak dapat terjadi, karenanya diperlukan satu standar moral tersendiri. Selain itu, Tito juga mengingatkan perlunya proteksi terhadap rekan-rekan Dukcapil agar tidak terpapar pandemi yaitu dengan membuat kebijakan di daerah masing-masing untuk melindungi petugas dan melindungi masyarakat.

Bertempat di Aula Gisa, dan dipimpin oleh Kepala Dinas Dukcapil Markus Tri Munarja, S.IP, M.Si, dan diikuti seluruh jajaran struktural Dukcapil Gunungkidul, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul juga mengikuti Rakornas Dukcapil 2020 ini,

Dukcapil Bisa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Baca juga