Blog

Penyerahan Penghargaan Pelopor ZI

Pada apel pagi ini, Senin (25/11) dilaksanakan penyerahan penghargaan pelopor ZI (zona integritas) di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul Markus Tri Munarja, S.IP, MSi kepada Plt Sekretaris Dinas Dukcapil Arisandy Purba, AP, MPA dan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Pencatatan Sipil Dinas Dukcapil Kabupaten Gunungkidul Umi Puji Riyanti, S.Pd

Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan bahwa pada tahun 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul meraih penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM) Tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Selain Dinas Dukcapil Gunungkidul, sebanyak 763 unit kerja di seluruh Indonesia mendapatkan predikat serupa. Penghargaan ini  diberikan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada Senin, 21 Desember 2020, sebagai rangkaian dari peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia.

“Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM merupakan langkah akselerasi guna mencapai sasaran reformasi birokrasi. Secara umum, targetnya adalah peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta peningkatan pelayanan publik. Setiap instansi pemerintah diwajibkan membangun percontohan (pilot project) pelaksanaan reformasi birokrasi pada tingkat unit kerja melalui pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM,” jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul Markus Tri Munarja, S.IP, M.Si.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil menyampaikan bahwa penyerahan predikat ini merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dilaksanakan sejak Agustus 2020. Tahapan yang dilalui antara lain seleksi administrasi (dokumen), survei ekternal (tahun 2020 dengan survei online) dan peninjauan lapangan/paparan program pembangunan zona integritas secara virtual. Kegiatan ini adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dan unit kerja yang sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan zona integritas sehingga masyarakat mendapat pelayanan yang prima dan berintegritas.

Dukcapil Bisa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Baca juga