Blog

  • Home /
  • Pelayanan Umum/Peringati HUT RI ke-75, Dirjen Zudan Sapa dan Langsung Selesaikan Keluhan Masyarakat

Peringati HUT RI ke-75, Dirjen Zudan Sapa dan Langsung Selesaikan Keluhan Masyarakat

Jakarta – Selalu ada yang baru dan unik dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh menggelar acara Webminar Dukcapil Menyapa Masyarakat secara online lewat aplikasi Zoom dan disiarkan langsung lewat Youtube Live, Senin (17/8/2020).

Yang menarik perhatian masyarakat yang mengikuti, Dirjen Zudan mengenakan baju adat Gorontalo yang bernama Takowa Da’a berwarna UnguWarna ungu merupakan salah satu warna adat dan warna kebesaran di Gorontalo. Takowa Da’a berwarna ungu biasanya dipakai oleh pembesar negara, mengingat Dirjen Kependudukan dan Pencataan Sipil ini pernah menjabat sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo, masa jabatan 28 Oktober 2016 hingga 12 Mei 2017.

Dirjen Zudan dan seluruh jajaran Dukcapil dari Pusat sampai ke daerah turut serta dalam webminar yang bersifat terbuka untuk umum. Webminar kali ini bertujuan untuk menyapa masyarakat sekaligus menjaring berbagai keluhan, saran dan permasalahan di masyarakat terkait pengurusan dokumen kependudukan. Antara lain soal KTP-el yang belum selesai karena nomor induk kependudukan (NIK) ganda, dobel rekam, dan lainnya. Dirjen Zudan langsung memerintahkan pejabat eselon II yang membidangi segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Pak Direktur PIAK Pak Tavip tolong segera diselesaikan, hapus nomor NIK yang ganda, pakai NIK yang pertama kali direkam,” ujarnya langsung menyelesaikan ke jantung persoalan.

Dalam webminar kali ini terungkap berbagai saran masyarakat terkait pelayanan dokumen kependudukan di daerah. Juga berbagai usulan tentang pemanfaatan database kependudukan Dukcapil, antara lain penggunaan nomor induk kependudukan (NIK) sebagai pengganti nomor induk siswa nasional (NISN) agar direalisasikan segera.

Lewat diskusi daring ini, Dirjen Zudan menginstruksikan agar seluruh Dinas Dukcapil se-Indonesia untuk lebih proaktif dalam melayani masyarakat tanpa proses yang berbelit-belit dengan mempedomani ketentuan perundang-undangan yang ada. Sebagai tidak lanjut Dirjen Zudan berencana menggelar acara sapa masyarakat ini dua pekan sekali.

“Dukcapil bertekad mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat. Pelayanan yang cepat, akurat, online, berbasis digital, adalah kunci untuk mewujudkan pelayanan yang membahagiakan masyarakat,” kata Dirjen Zudan. 

Disunting dari https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/555/peringati-hut-ri-ke-75-dirjen-zudan-sapa-dan-langsung-selesaikan-keluhan-masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*