Blog

Rasio Ketergantungan Penduduk Kabupaten Gunungkidul

Rasio ketergantungan atau rasio beban tanggungan (depencency ratio) adalah angka yang menyatakan perbandingan antara banyaknya penduduk usia non produktif (penduduk di bawah 15 tahun dan penduduk diatas 65 tahun) dengan banyaknya penduduk usia produktif (penduduk usia 15 – 64 tahun). Semakin tingginya prosentase Dependency Ratio menunjukkan semakin tingginya beban yang harus di tanggung penduduk yang produktif untuk membiayai hidup penduduk yang tidak produktif.

Dari tabel  di atas, diketahui bahwa rasio ketergantungan penduduk Kabupaten Gunungkidul sebesar 48,69 yang artinya setiap 100 penduduk usia produktif (15-64 tahun) mempunyai beban tanggungan sebanyak 48-49 orang yang dianggap belum produktif atau sudah tidak produktif lagi.

“Angka ini meningkat 1,32 dari tahun 2018. Dengan kata lain beban tanggungan penduduk untuk membiayai penduduk yang tidak produktif juga meningkat, ” jelas Kepala Seksi PPDK Bidang PIAK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul Anton Wibowo, Skom.

Dukcapil Bisa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*