Surat Keputusan Kepala Dinas Dukcapil Tentang Daftar Informasi Publik Tahun 2024

5 Februari 2024 - In Surat Keputusan

Surat Keputusan Kepala Dinas Dukcapil tentang Daftar Informasi Publik (DIP) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul. Dokumen ini memuat daftar seluruh informasi publik yang dimiliki dan dikelola oleh Dinas Dukcapil.

DIP ini bertujuan untuk memberikan transparansi dan aksesibilitas yang lebih baik bagi masyarakat terhadap informasi yang berkaitan dengan informasi publik yang dikelola oleh Dinas Dukcapil. 

Daftar Informasi Publik (DIP) adalah sebuah katalog yang berisi jenis-jenis informasi yang wajib dipublikasikan oleh suatu badan publik, dalam hal ini adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul. DIP memuat berbagai macam informasi yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Dinas Dukcapil, mulai dari data kependudukan, prosedur pelayanan, regulasi, hingga laporan kinerja. Tujuan utama dari DIP adalah untuk mewujudkan prinsip keterbukaan informasi publik, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang benar, akurat, dan terkini mengenai penyelenggaraan pemerintahan.

Informasi yang tercantum dalam DIP dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Informasi Berkala: Informasi yang diumumkan secara berkala, misalnya laporan tahunan, laporan keuangan, dan data statistik kependudukan.
  • Informasi Serta Merta: Informasi yang diumumkan segera setelah terjadi suatu peristiwa penting, seperti bencana alam, dan perubahan kebijakan.
  • Informasi Setiap Saat: Informasi yang tersedia dan dapat diakses oleh masyarakat setiap saat, misalnya prosedur pelayanan, persyaratan administrasi, dan formulir-formulir yang dibutuhkan.

Dengan adanya pengelompokan ini, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Unduh Dokumen SK DIP Dukcapil Gunungkidul

  • SURAT KEPUTUSAN KEPALA DINAS TENTANG DAFTAR INFORMASI PUBLIK DINAS DUKCAPIL GUNUNGKIDUL TAHUN 2024 pdf (4081kb) [ unduh ]
logo dukcapil

Jl. Ksatriyan No.36, Wonosari, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Sen – Jum: 8:00 – 15:00

Tentang Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Dukcapil Gunungkidul

Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Duckapil Gunungkidul - MKD © 2023