Blog

Jumlah Penduduk Gunungkidul 768.523 jiwa

Berdasarkan Data Konsolidari Bersih (DKB) Semester I Tahun 2019, jumlah penduduk Kabupaten Gunungkidul adalah 768.523 jiwa. yang terdiri dari laki-laki sejumlah 379.395 jiwa, dan 389.128 jiwa berjenis kelamin perempuan. Kecamatan Wonosari merupakan kecamatan yang paling banyak jumlah penduduknya, yaitu 87.668 jiwa. Berikut data jumlah penduduk di Kabupaten Gunungkidul berdasarkan jenis kelamin pada tahun 2019:

                                      infografis

Informasi mengenai jumlah penduduk menurut jenis kelamin penting diketahui terutama untuk mengetahui banyaknya orang yang tinggal di suatu wilayah pada waktu tertentu sehingga dapat digunakan untuk merencanakan pelayanan sosial ekonomi seperti pendidikan, kesehatan, sandang, pangan dan papan serta kebutuhan sosial dasar lainnya sesuai dengan jenis kelamin penduduk.

Seperti diketahui bahwa DKB adalah data konsolidasi bersih yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri sesuai dengan UU No 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Proses DKB terdiri dari pembersihan, verifikasi, validasi, dan konsolidasi data seluruh Indonesia yang menghasilkan data bersih, data anomai, dan data ganda.

Dukcapil Bisa !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*