Sekdin Baru Dukcapil Pimpin Penilaian Adminduk di Banyusoco

Sekdin Baru Dukcapil Pimpin Penilaian Adminduk di Banyusoco

Ada yang berbeda pada rombongan tim penilai pengelolaan adminduk yang hari ini dilaksanakan di Banyusoco Kecamatan Playen. Biasanya tim penilai dipimpin oleh Drs Virgilio Soriano selaku Sekretaris Dinas Dukcapil Gunungkidul, hari ini tim dipimpin oleh Drs Suryanto, MM selaku Sekretaris Dinas Dukcapil Gunungkidul. Hal ini dikarenakan bahwa terhitung tanggal 15 Maret 2019, Drs Suryanto, MM, secara resmi menggantikan Drs Virgilio Soriano yang menduduki jabatan baru sebagai Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul. Drs Suryanto, MM sendiri sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul. Dalam struktur  keanggotaan tim penilaian pengelolaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil Tahun 2019, Sekretaris Dinas menjabat sebagai Ketua Tim. Sehingga pada hari ini, rombongan tim penilai dipimpin oleh Sekretaris Dinas, dalam hal ini  Drs Suryanto, MM.

Diketahui, bahwa penilaian pengelolaan adminduk merupakan tanggungjawab pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul, dimana dalam pelaksanaannya diawali dari desa selaku ujung tombak, hingga setiap warga terdaftar secara administrasi sebagai Warga Negara Indonesia. Dalam pelayanan tersebut perlu dilakukan dengan benar dan cepat agar penduduk mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan. Untuk kepastian hukum, meningkatkan efektifitas dan efisiensi serta memudahkan penerapan pelaksanaan penilaian pengelolaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, maka penilaian dilakukan secara berjenjang, periodik, obyektif, terukur, akuntabel, dan transparan dengan memperhatikan rencana kinerja, target, capaian, hasil dan manfaat yang dicapai. Salah satu strategi yang dilakukan antara lain dengan penilaian pengelolaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di desa-desa yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Adapun obyek yang dinilai antara lain :

  1. Administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
  2. Buku-buku administrasi kependudukan
  3. Inovasi pelayanan dan sarana pendukung
  4. Buku-buku administrasi desa
  5. Papan panel data
  6. Sumber daya manusia

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, administrasi kependudukan dan sarana prasarana pendukungnya dapat lebih tertib, dan masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan dapat terlayani dengan baik.

Dukcapil Bisa !!

Sebelumnya WNA Tidak Punya Hak Pilih

Ikuti Sosmed Kami

logo dukcapil

Jl. Ksatriyan No.36, Wonosari, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Sen – Jum: 8:00 – 15:00

Tentang Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Dukcapil Gunungkidul

Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Duckapil Gunungkidul - MKD © 2023