Categories: Berita177 words0.7 min read

Ada Uneg-Uneg? LAPOR!

AUTHOR

admin

DATE

December 9, 2019

CATEGORIES
SHARE

Dalam rangka mencapai visi dalam good governance maka sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik diintegrasikan dalam satu pintu. Tujuannya, masyarakat memiliki satu saluran pengaduan secara Nasional. Untuk itu Pemerintah Republik Indonesia membentuk Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id.

Khusus untuk pelayanan publik di Kabupaten Gunungkidul dapat menyalurkan uneg-unegnya di https://www.lapor.go.id/instansi/pemerintah-kabupaten-gunungkidul

Dibangunnya sistem ini bertujuan :

  • Penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik;
  • Penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan; dan
  • Meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Fitur-fitur yang ada dalam LAPOR!

  1. Anonim: Fitur yang bisa dipilih oleh pelapor yang akan membuat identitas pelapor tidak akan diketahui oleh pihak terlapor dan masyarakat umum.
  2. Rahasia: Seluruh isi laporan tidak dapat dilihat oleh publik.
  3. Tracking id: Nomor unik yang berguna untuk meninjau proses tindak lanjut laporan yang disampaikan oleh masyarakat

 

“Berani LAPOR! Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik”

Related articles