Selamat Tahun Baru 2020: Refleksi di Tahun Baru

Selamat Tahun Baru 2020: Refleksi di Tahun Baru

“Detik demi detik berlalu, tahun berganti, lembaran baru dibuka kembali, kebebasan manusia telah menciptakan peristiwa-peristiwa yang menghiasi kehidupannya, dan dari sini manusia merenung, merefleksikan masa lalunya, dan menaruh harapan pada masa yang akan datang”

Penghujung akhir tahun tinggal menghitung jam. Satu tahun lagi akan lewat. Tahun yang sarat dengan cerita dan pengalaman itu akan segera berlalu di hadapan kita, dan pada gilirannya tahun baru yang sarat dengan asa dan harapan pun akan kita jelang.

Begitu banyak kisah yang kita lewati selama tahun 2019. Banyak pelajaran hidup yang kita dapatkan. Kita pernah merasakan saat ketika kita susah, senang, gembira, sedih, sabar, marah, bimbang, optimis, kecewa, puas dan lain sebagainya. Semua emosi tersebut pasti pernah kita rasakan.

Dalam hidup kita, pasti kita pernah berpikir, Apakah tujuan kehidupan dan apa yang sebenarnya kita cari selama hidup ini? Para filsuf mencoba menjawab pertanyaan ini dengan singkat: hidup manusia adalah mencapai kebahagiaan.

Ya pada dasarnya kita bekerja, berusaha, dan banting tulang untuk dan demi kebahagiaan hidup. Kadang orang rela mencuri, bekerja keras, tekun beribadah, tekun belajar dan lain sebagainya, tindakan tersebut pada hakikatnya adalah ikhtiar manusia dalam mencari kebahagiaan dan kesenangan untuk dirinya

Di sisi lain, manusia adalah makhluk yang bebas. bebas dalam bergerak, bebas memilih, bebas melakukan sesuatu. Kebebasan yang kita miliki telah menciptakan aktivitas dan nilai dalam hidup kita. Apa yang kita kerjakan dan apa yang kita dapatkan saat ini hakikatnya adalah hasil dari kebebasan kita. Walau manusia memiliki kehendak bebas dalam menentukan dirinya, namun dia tidak sepenuhnya bebas menentukan nasibnya di masa depan.

Kadang kita sebagai manusia tidak pernah merasa puas bahkan dikecewakan dengan hasil yang didapatkan. Walau pada dasarnya kita bebas menentukan pilihan, tapi kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, entah apakah hasilnya memuaskan atau mengecewakan. Manusia adalah makhluk yang sadar akan adanya dimensi waktu yang menaungi seluruh aktivitasnya, dan waktu telah mengukir sejarah diri kita.

Di tahun 2019 kita telah mengukir sejarah dalam hidup kita. Dari awal tahun kita mulai mengukir harapan, melaksanakan harapan-harapan kita, dan tak jarang tidak semua harapan dan ekspektasi kita di tahun ini sesuai dengan keinginan kita (mungkin malah mengecewakan).

“Karena kita merasakan segala kesulitan, kesengsaraan dan juga kebahagiaan, itulah yang menunjukan eksistensi kita sebagai manusia” (Goethe)

Detik demi detik berlalu, tahun berganti, lembaran baru dibuka kembali, kebebasan manusia telah menciptakan peristiwa-peristiwa yang menghiasi kehidupannya, dan dari sini manusia merenung, merefleksikan masa lalunya, dan menaruh harapan pada masa yang akan datang.

Di tahun baru kita mempunyai sejuta harapan, di tahun baru kita menyusun segala rencana untuk masa depan, di tahun baru kita juga merasa energik dan memiliki semangat baru untuk menatap masa depan, di tahun baru doa dan keyakinan selalu kita panjatkan pada Allah SWT.

Tahun baru bukan hanya sekedar perjalanan jam dinding, tahun baru adalah momen spesial yang membuat manusia memiliki sejuta harapan di masa depan, dan karena itulah wajar jika kehadiran tahun baru cenderung disambut. Di tahun baru, manusia selalu menanti apa yang akan terjadi dan tak sabar untuk mengetahui nasib yang akan berlaku pada dirinya.

Selamat Tahun Baru 2020.

Semoga harapan yang belum tercapai di tahun 2019 akan terkabulkan di tahun 2020. Aamiin.

Dukcapil Bisa !

 

 

Sebelumnya Dinas Dukcapil Gelar Apel Siaga Pilkada 2020

Ikuti Sosmed Kami

logo dukcapil

Jl. Ksatriyan No.36, Wonosari, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Sen – Jum: 8:00 – 15:00

Tentang Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Dukcapil Gunungkidul

Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Duckapil Gunungkidul - MKD © 2023