Forum Lintas Perangkat Daerah Tahun 2023 dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2024

Forum Lintas Perangkat Daerah Tahun 2023 dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2024

Setda, Setwan, Bappeda, BKAD, Irda, Dukcapil, BKPPD mengadakan forum lintas Pimpinan Daerah pada hari Kamis, 2 Maret 2023 di Ruang Rapat Handayani Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini merupakan rangkaian lanjutan Musrenbang yang dilaksanakan oleh semua Kapanewon. Forum ini dilaksanakan secara gabungan oleh 7 Perangkat Daerah, yaitu Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, Bappeda, BKAD, Inspektorat Daerah, Disdukcapil, dan BKPPD.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah, dilanjutkan dengan paparan Perangkat Daerah tentang prioritas penyempurnaan rancangan awal Renja OPD dan hasil Musrenbang Kapanewon PIS/PIWK oleh kepala masing-masing Perangkat Daerah. Kemudian, dilakukan tanggapan pembahas dari Bappeda, Bagian Organisasi, dan Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Gunungkidul, serta dari DPRD, Pakar Akademisi, dan peserta.

Peserta Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Gunungkidul

Berikut adalah tanggapan yang terkait dengan tugas dan fungsi Disdukcapil:

  1. Dari DPRD/Komisi A, mengapresiasi Dukcapil Gunungkidul dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama penduduk yang mendesak/segera mendapatkan dokumen kependudukan guna kepengurusan BPJS, serta layanan dokumen Adminduk lainnya.
  2. Pakar akademisi (UGK) mengusulkan agar prestasi Dukcapil Gunungkidul agar mendapatkan perhatian/reward dari pemerintah daerah dengan memperhatikan aspirasi bottom-up agar tidak terjadi kontraproduktif.
  3. Bappeda mencatat bahwa kegiatan layanan keliling dan jemput bola Adminduk sangat minim sarana dan prasarana serta SDM, namun tetap dapat membahagiakan masyarakat.
  4. Bagian Organisasi menyarankan bahwa aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh Dukcapil Gunungkidul dapat diwadahi dalam satu aplikasi yang mudah diakses oleh masyarakat.

Acara diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Forum Lintas PD oleh semua kepala OPD dan perwakilan peserta.

Penandatanganan Berita Acara Forum Lintas Perangkat Daerah
Sebelumnya Mendekatkan Layanan Adminduk, Dukcapil Laksanakan One Day Service di Wilayah Terluar Gunungkidul

Ikuti Sosmed Kami

logo dukcapil

Jl. Ksatriyan No.36, Wonosari, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Sen – Jum: 8:00 – 15:00

Tentang Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Dukcapil Gunungkidul

Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Duckapil Gunungkidul - MKD © 2023