Rapat Koordinasi Pembinaan Kepegawaian dan Pemberian Penghargaan Pegawai Dukcapil Gunungkidul Semester 2 Tahun 2023

Rapat Koordinasi Pembinaan Kepegawaian dan Pemberian Penghargaan Pegawai Dukcapil Gunungkidul Semester 2 Tahun 2023

Pada Jumat, 22 Desember 2023, Dinas Dukcapil Kabupaten Gunungkidul menggelar Rapat Koordinasi Pembinaan Kepegawaian dan Pemberian Penghargaan Pegawai semester 2 tahun 2023. Rapat yang dihadiri oleh Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta dan para pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini berlangsung di Ruang Rapat GISA Dinas Dukcapil Gunungkidul.

Rapat dibuka dengan doa bersama yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. Selanjutnya, Kepala Dinas menyampaikan sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bupati untuk memberikan pembinaan kepada pegawai dinas. Tahun 2023 ditandai dengan Dinas Dukcapil Gunungkidul masuk dalam kategori zona hijau dalam kepatuhan pelaksanaan standar pelayanan oleh Ombudsman Republik Indonesia (ORI).

Kepala Dinas juga menyampaikan kebutuhan dukungan tambahan SDM untuk menghadapi tahun 2024, di mana empat pegawai akan memasuki masa purna tugas. Keterbatasan SDM diakui sebagai salah satu kendala dalam memberikan pelayanan Adminduk terbaik bagi masyarakat Kabupaten Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul dalam pembinaan kepegawaian menekankan beberapa hal penting. Pertama, pembinaan kepegawaian perlu dilaksanakan. Beliau juga menyarankan agar pegawai yang menjelang pensiun mempersiapkan diri dengan baik, dan tidak mengajukan pensiun dini jika belum siap.

Selanjutnya, Bupati mengingatkan agar pegawai selalu berada di tempat kerja pada jam kerja dan wajib melapor atau mengajukan izin saat keluar kantor. “Jangan ada ego sektoral dalam melaksanakan tugas membangun Gunungkidul karena pilar kabupaten ada pada organisasi perangkat daerah” ungkap Bupati Gunungkidul. Bupati Gunungkidul juga mengingatkan pegawai untuk selalu menjaga perilaku hidup sehat.

Rapat juga menjadi momentum bagi Kepala Dinas untuk membacakan surat keputusan tahun 2023 tentang pemberian penghargaan dan penerima penghargaan pegawai. Selanjutnya, dilakukan penyerahan piagam penghargaan dan souvenir kepada pegawai yang berprestasi. Kepala Dinas memberikan pengarahan Semester 2 Tahun 2023 kepada 5 Pegawai Dinas Dukcapil, yaitu Dra. Rohmi Rahayu, Tribana Prawata, Tugiran, Novika Damayanti, A.Md, dan Wimba Yudha, A.Md.

Selain 5 pegawai yang disebut, Kepala Dinas Dukcapil juga mengapresiasi kinerja selama tahun 2023. Kepala Dinas Dukcapil menekankan pentingnya penghargaan sebagai wujud apresiasi pimpinan terhadap respons, adaptif, dan inovatif yang dilakukan oleh pegawai. Selain itu, diingatkan agar pegawai tidak menilai penghargaan hanya sebagai piagam, melainkan sebagai bentuk penghargaan pimpinan kepada bawahannya.

Kepala Dinas Dukcapil, Markus Tri Munarja, S.IP., M.Si juga berpesan untuk berhati-hati dan tetap menjaga netralitas di tahun Politik, serta menekankan kepada seluruh pegawai dinas untuk senantiasa menjaga kekompakan dalam melaksanakan tugas.

Selanjutnya Sekretaris Dinas Dukcapil Gunungkidul, menyampaikan beberapa informasi terkait pemenuhan Administrasi Kepegawaian, dan penekanan terhadap peningkatan kualitas pelayanan Adminduk yang dilaksanakan di Kapanewon dan di Kantor Dukcapil.

Rapat Koordinasi Pembinaan Kepegawaian dan Pemberian Penghargaan Pegawai Dukcapil Gunungkidul Semester 2 Tahun 2023 yang bertepatan dengan Hari Ibu ditutup dengan apresiasi Dinas Kepada para Ibu di lingkungan Dukcapil Gunungkidul dan doa bersama untuk menyongsong tahun 2024 menjadi lebih baik.

Dukcapil Gunungkidul,
Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Sebelumnya Tahun ini, 156 Ribu Lebih Dokumen Dukcapil Diterbitkan di Kabupaten Gunungkidul

Ikuti Sosmed Kami

logo dukcapil

Jl. Ksatriyan No.36, Wonosari, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Sen – Jum: 8:00 – 15:00

Tentang Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Dukcapil Gunungkidul

Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Duckapil Gunungkidul - MKD © 2023