Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gunungkidul kembali mencatat prestasi membanggakan. Pada gelaran Jogja Marketing Festival (JMF) 2025 bertema “Jogja for Impact – Sustainable Marketing in the AI Era” yang berlangsung di Royal Ambarukmo Yogyakarta pada 11–13 Agustus 2025, Dukcapil Gunungkidul berhasil meraih penghargaan “Public Service of The Year” dari MarkPlus Institute.
Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas inovasi dan komitmen Dukcapil Gunungkidul dalam menghadirkan pelayanan administrasi kependudukan yang dekat, mudah, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Sejumlah program inovatif seperti pelayanan jemput bola, digitalisasi layanan, dan penguatan pelayanan di tingkat kalurahan menjadi faktor penentu dalam penilaian.
Selain Dukcapil Gunungkidul, penghargaan yang sama juga diraih oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gunungkidul, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Gunungkidul, serta RSUD Wonosari Gunungkidul.
Penyerahan penghargaan ini dihadiri langsung oleh Bupati Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, S.E., M.P , yang memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada seluruh perangkat daerah yang berhasil meraih prestasi di tingkat regional ini.
“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen Pemerintah dalam upaya strategi branding Kabupaten Gunungkidul yang baik dengan menghadirkan layanan publik yang prima dan berorientasi terhadap kepuasan masyarakat.“
-Endah Subekti Kuntariningsih, S.E., M.P, Bupati Gunungkidul-
Jogja Marketing Festival 2025 merupakan bagian dari rangkaian Indonesia Marketing Festival yang digelar di berbagai kota di Indonesia. Acara ini menghadirkan seminar, talkshow, serta penganugerahan penghargaan bagi individu dan institusi yang dinilai berhasil memberikan kontribusi positif dalam bidang pemasaran dan pelayanan publik. Tema tahun ini menekankan pentingnya pemasaran berkelanjutan di era kecerdasan buatan untuk memberikan dampak positif yang luas bagi masyarakat.
Dengan diraihnya penghargaan ini, Dukcapil Gunungkidul bersama perangkat daerah lainnya semakin mengukuhkan diri sebagai pelopor pelayanan publik yang inovatif, responsif, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.