Peringatan Hari Jadi ke-194 Kabupaten Gunungkidul, Dukcapil Laksanakan Pelayanan One Day Service

Peringatan Hari Jadi ke-194 Kabupaten Gunungkidul, Dukcapil Laksanakan Pelayanan One Day Service

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-194, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gunungkidul menggelar pelayanan keliling One Day Service di Pendopo Kantor Kapanewon Semin pada hari Rabu 25 September 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

Pelayanan keliling One Day Service yang sebelumnya pernah dilaksanakan tahun ini pada bulan Mei – Juni telah berhasil menerbitkan sebanyak 1.826 dokumen. Rinciannya adalah 1.382 dokumen akta kelahiran, 32 dokumen akta kematian, 197 dokumen perubahan Kartu Keluarga (KK), 152 dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan 63 dokumen Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Dinas Dukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarja, SIP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. “Dengan inovasi pelayanan yang semakin mendekatkan pelayanan pada masyarakat sesuai tagline ‘Chedhak Kepenak Semanak’, harapannya masyarakat Kabupaten Gunungkidul semakin tertib kepemilikan dokumen dan pemutakhiran data kependudukan,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Gunungkidul.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Dukcapil juga berharap kegiatan kolaborasi ini dapat direplikasi oleh Kapanewon lain di Kabupaten Gunungkidul. “Semoga kegiatan kolaborasi dalam pelayanan administrasi kependudukan Dinas Dukcapil dengan Pendamping PKH Kapanewon Semin yang di bimbing dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Gunungkidul dan tetap terjalin di tahun-tahun yang akan datang,” imbuhnya.

Tujuan utama dari kegiatan pelayanan keliling ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Dengan adanya pelayanan ini, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil untuk mengurus dokumen-dokumen tersebut. Selain itu, pelayanan keliling juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan yang lengkap dan benar.

Selain kegiatan Pelayanan Keliling one Day Service yang dilaksanakan di Kapanewon Semin ini, Dinas Dukcapil Gunungkidul juga melaksanakan kegiatan pelayanan keliling Perekaman KTP bagi Pelajar “Dukcapil Goes to School”  yang dilaksanakan selama bulan September – November 2024 pada 34 SMA dan SMK di Kabupaten Gunungkidul.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pelayanan keliling ini, masyarakat Kabupaten Gunungkidul dapat semakin tertib administrasi kependudukan. Dokumen kependudukan yang lengkap dan benar akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengakses berbagai layanan publik.

Dukcapil Gunungkidul,
Urus Dhewe,
Gampang,
Ora mBayar!

Sebelumnya Dukcapil Gunungkidul Cetak Rekor Aktivasi IKD di Kalurahan Planjan

Ikuti Sosmed Kami

logo dukcapil

Jl. Ksatriyan No.36, Wonosari, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Sen – Jum: 8:00 – 15:00

Tentang Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Dukcapil Gunungkidul

Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Duckapil Gunungkidul - MKD © 2023