Gerakan Bersama Pelayanan Adminduk Bagi Penyandang Disabilitas

Gerakan Bersama Pelayanan Adminduk Bagi Penyandang Disabilitas

Bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-191, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul melaksanakan Pelayanan Perekaman KTP Elektronik dan Pendaftaran KIA kepada Siswa Difabel di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Wonosari. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud komitmen Dukcapil Gunungkidul dalam pelaksanaan Gerakan Bersama Pelayanan Adminduk Bagi Penyandang Disabilitas.

[fusion_youtube id=”https://www.youtube.com/watch?v=wdqDdqCr1_Q” alignment=”center” width=”900″ height=”” autoplay=”true” api_params=”” title_attribute=”” video_facade=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” css_id=”” /]

 

Gerakan yang diprakarsai oleh Kementrian Dalam Negeri, Staf Khusus Presiden, dan Dinas Dukcapil se Kabupaten Kota D.I Yogyakarta ini dilaunching pada tanggal 3 Juni 2022 di Gedung Pracimosono Kepatihan Yogyakarta dan dihadiri oleh Dirjen Dukcapil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh. SH., MM, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Kepala Dinas Dukcapil se Kabupaten Kota D.I Yogyakarta, Kepala Dinas Sosial se-DIY dan Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Provinsi DIY,

Acara launching Gerakan Bersama Pelayanan Adminduk Bagi Penyandang Disabilitas juga diikuti oleh Dukcapil seluruh Kabupaten Kota se Provinsi DIY dan perwakilan SLB di Kota dan Kabupaten Provinsi DIY melalui Zoom Meeting. Untuk Gunungkidul Zoom Meeting dilaksanakan di SLB N 1 Wonosari dan diikuti oleh Sekretaris Dinas Dukcapil, Kabid Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil, dan perwakilan Guru serta Siswa SLB N 1 Wonosari.

[fusion_gallery hover_type=”zoomin” lightbox=”yes” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” picture_size=”auto” border_radius=”1″][fusion_gallery_image image=”https://dukcapil.gunungkidulkab.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Gerakan-Bersama-Pelayanan-Adminduk-Bagi-Penyandang-Disabilitas-5.jpeg” image_id=”5234″ link=”” linktarget=”_self” /][fusion_gallery_image image=”https://dukcapil.gunungkidulkab.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Gerakan-Bersama-Pelayanan-Adminduk-Bagi-Penyandang-Disabilitas-4.jpeg” image_id=”5235″ link=”” linktarget=”_self” /][fusion_gallery_image image=”https://dukcapil.gunungkidulkab.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Gerakan-Bersama-Pelayanan-Adminduk-Bagi-Penyandang-Disabilitas-3.jpeg” image_id=”5236″ link=”” linktarget=”_self” /][fusion_gallery_image image=”https://dukcapil.gunungkidulkab.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Gerakan-Bersama-Pelayanan-Adminduk-Bagi-Penyandang-Disabilitas-2.jpeg” image_id=”5237″ link=”” linktarget=”_self” /][fusion_gallery_image image=”https://dukcapil.gunungkidulkab.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Gerakan-Bersama-Pelayanan-Adminduk-Bagi-Penyandang-Disabilitas-6.jpeg” image_id=”5238″ link=”” linktarget=”_self” /][fusion_gallery_image image=”https://dukcapil.gunungkidulkab.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Gerakan-Bersama-Pelayanan-Adminduk-Bagi-Penyandang-Disabilitas-1.jpeg” image_id=”5239″ link=”” linktarget=”_self” /][fusion_gallery_image image=”https://dukcapil.gunungkidulkab.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Gerakan-Bersama-Pelayanan-Adminduk-Bagi-Penyandang-Disabilitas-9.jpeg” image_id=”5240″ link=”” linktarget=”_self” /][fusion_gallery_image image=”https://dukcapil.gunungkidulkab.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Gerakan-Bersama-Pelayanan-Adminduk-Bagi-Penyandang-Disabilitas-8.jpeg” image_id=”5241″ link=”” linktarget=”_self” /][fusion_gallery_image image=”https://dukcapil.gunungkidulkab.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Gerakan-Bersama-Pelayanan-Adminduk-Bagi-Penyandang-Disabilitas-7.jpeg” image_id=”5242″ link=”” linktarget=”_self” /][/fusion_gallery]

 

Kickoff pelayanan ini dimulai dari SLB Negeri 1 Wonosari dan dilanjutkan ke 13 SLB di Wilayah Kabupaten Gunungkidul. “Terdapat 313 target siswa SLB yang akan difasilitasi dalam pelayanan Adminduk bagi Disabilitas dengan rincian 20 Akta Kelahiran, 116 KTP, dan 187 KIA” menurut Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Didit Widyatmoko, S.IP., M.Si.

“Selanjutnya sasaran yang akan kita layani untuk pelayanan administrasi Adminduk secara jemput bola pada seluruh penyandang disabilitas di Kabupaten Gunungkidul seluruhnya sebanyak 1.920 orang akan kita selenggarakan dengan dukungan seluruh stake holders yang kami miliki. ” lanjut Kabid Bidang Pendaftaran Penduduk.

Semoga dengan adanya Gerakan Bersama Pelayanan Adminduk Bagi Penyandang Disabilitas dapat memenuhi hak dalam memiliki Dokumen Kependudukan di Wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Dukcapil Gunungkidul
Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Sebelumnya Perjanjian Kerjasama Pelayanan Dukcapil dengan Puskesmas Paliyan

Ikuti Sosmed Kami

logo dukcapil

Jl. Ksatriyan No.36, Wonosari, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Sen – Jum: 8:00 – 15:00

Tentang Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Dukcapil Gunungkidul

Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Duckapil Gunungkidul - MKD © 2023