Dukcapil Gunungkidul mengikuti Evaluasi Zona Integritas 2022

Dukcapil Gunungkidul mengikuti Evaluasi Zona Integritas 2022

Bertempat di Aula Gisa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul, Selasa 13 September 2022, Kepala Dinas Dukcapil Gunungkidul Markus Tri Munarja, S.IP, M.Si didampingi Pejabat Struktural Dinas Dukcapil Gunungkidul mengikuti Evaluasi Zona Integritas tahun 2022 dari Kementerian PAN & RB Republik Indonesia.

Tim evaluator yang terdiri dari 3 penilai dari Kementrian PAN & RB Rebpublik Indonesia melaksanakana evaluasi kelayakan Dinas Dukcapil Gunungkidul untuk dapat meraih predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) melalui Zoom Meeting.

Pada evaluasi ini, Kepala Dinas Dukcapil Gunungkidul menyampaikan paparan progres peningkatan pembangunan ZI dari Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui 6 komponen pengungkit yang ada. “Akselarasi Pelayanan Publik melalui Inovasi kolaborasi merupakan kunci pelayanan Dukcapil adaptif dan lincah sehingga memenuhi protokol kesehatan dan pelayanan yang mampu mendesentralisasikan layanan dan mempermudah masyarakat.” jelasnya.

Untuk mencapai hal tersebut, Dinas Dukcapil Gunungkidul memiliki inovasi-inovasi yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik. “Kami juga membangun secara mandiri aplikasi dan sistem informasi yang berhubungan dengan pelayanan Adminduk aplikasi tersebut antara lain Smart dan Puntadewa. Kami juga melakukan perubahan terkait dengan pendistribusian beban kerja kepada seluruh operator SIAK. Diharapkan seluruh operator memiliki beban kerja yang hampir sama. Selain itu Perjanjian Kerjasama Pelayanan terus dilakukan, sampai hari ini Dinas Dukcapil Gunungkidul telah melaksanakan PKS Pelayanan dengan Seluruh Kapanewon (Kecamatan), 71 Kalurahan, 7 Rumah Sakit Negeri dan Swasta, Pengadilan Agama Wonosari, dan Kementrian Agama Kabupaten Gunungkidul” ungkap Markus Tri Munarja, S.IP, M.Si.

Lebih lanjut Kepala Dinas menyampaikan bahwa untuk memberikan jaminan layanan yang memadai Dinas Dukcapil Gunungkidul telah menerapkan Manajemen Resiko Pelayanan, Standar Pelayanan, serta proses bisnis yang disertai sinergitas budaya Pemerintahan Satriya, Berakhlak, moto pelayanan Patilo-Gunkid, dan menggelorakan tagline pelayanan Dukcapil Gunungkidul yaitu Urus Dhewe, Gampang, Ora mBayar!.

Semoga dengan evaluasi Zona Integritas yang telah diikuti ini Dukcapil Gunungkidul dapat meraih Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dukcapil Bisa!

Sebelumnya Dukcapil Gunungkidul Menjalin Perjanjian Kerjasama Pelayanan dengan RSUD Saptosari

Ikuti Sosmed Kami

logo dukcapil

Jl. Ksatriyan No.36, Wonosari, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Sen – Jum: 8:00 – 15:00

Tentang Dukcapil Gunungkidul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Dukcapil Gunungkidul

Urus Dhewe,
Gampang,
Ora Mbayar!

Duckapil Gunungkidul - MKD © 2023