Berdasarkan surat dari Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 700/5557 tanggal 5 Desember 2018 tentang Deklarasi Saber Pungli, maka pada hari ini, Selasa (11/12) bertempat di Aula Gisa Dinas Dukcapil Kabupaten Gunungkidul diselenggarakan Deklarasi Pelayanan Tanpa Pungli. Pada kesempatan ini, Plt Kepala Dinas Dukcapil Gunungkidul Ir Anik Indarwati, MP membacakan deklarasi pelayanan tanpa pungli, yang dilanjutkan […]
Sebagai bentuk komitmen pada budaya pemerintahan “SATRIYA”, Dinas Dukcapil Gunungkidul melakukan deklarasi budaya pemerintahan SATRIYA pada Jumat (30/11) lalu di Aula Gisa Dinas Dukcapil Gunungkidul. Deklarasi ini ditandai dengan penandatangan deklarasi oleh perwakilan pegawai Dinas Dukcapil yang dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Dinas Dukcapil Gunungkidul. Komitmen pada budaya pemerintahan “SATRIYA” ini merupakan bentuk revolusi mental, […]
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyelenggarakan kegiatan tahunan berupa Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2018. Evaluasi dilaksanakan di 208 Kabupaten/Kota, 34 Provinsi, dan Kementerian/Lembaga, termasuk Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Walaupun tahun ini untuk pertama kalinya, Pemkab Gunungkidul mengikuti ajang penilaian terkait penyelenggaraan pelayanan publik, namun Pemkab Gunungkidul memperoleh prestasi yang membanggakan. Terdapat 3 Perangkat Daerah yang menjadi sample penyelenggaraan […]
Kehidupan bergerak terus semakin maju. Teknologi informasi (TI) juga berubah semakin canggih dan menjadi faktor yang mengubah peradaban secara cepat. Perkembangan TI di Indonesia banyak memberikan dampak positif, antara lain mudahnya dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan kapanpun dan di manapun kita berada. Semua itu didapatkan hanya dengan cara menghubungkan komputer atau smartphone ke jaringan internet maka bisa […]
Dalam rangka peningkatan kualitas layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Perpres tersebut telah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 16 Oktober 2018. Perpres ini merupakan upaya reformasi sistem pelayanan adminduk di Indonesia agar lebih cepat. Ia mengatur tentang pelayanan pendaftaran penduduk […]
“Segala sesuatu akan berubah dan mengalami perubahan. Dan yang kekal adalah perubahan itu sendiri”. Demikian bunyi “hukum perubahan”. Perubahan tidak akan pernah berhenti kecuali pemilik perubahan (Allah SWT) memang menghendaki. Dalam dunia pemerintahan, perubahan atau transformasi dalam lingkup pelayanan publik sudah sering didengungkan oleh pemerintah, yang mana hasil akhir dari pelayanan dengan segala aspeknya dikembalikan […]
Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’uun Kami atas nama keluarga besar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul, mengucapkan turut berduka cita yang sebesar-besarnya atas meninggalnya Hj Sri Sumiyati, SH, MH (Kabid Pemanfaatan Data dan Iovasi Pelayanan Dinas Dukcapil Gunungkidul). Semoga Allah SWT menerima seluruh amal kebaikan beliau, selalu memberikan samudra kesabaran dan ketabahan pada […]
Jakarta – Menyikapi berbagai bertanyaan dari masyarakat terhadap kebijakan pindah domisili yang tidak lagi memerlukan pengantar ketua RT/RW, desa/kelurahan dan kecamatan, Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh menilainya sebagai hal yang wajar.  Bahkan, katanya, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat care dengan Dukcapil, dan situasi ini akan sangat mendukung pihaknya mewujudkan tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk). […]
Dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik maka seluruh Penyelenggara pelayanan publik diwajibkan untuk menyusun, menetapkan dan menerapkan standar pelayanan. Hal ini dikuatkan dengan disahkannya Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan dan Penerapan Standar Pelayanan sebagai peraturan pelaksana dari UU Nomor 25 Tahun 2009. Standar Pelayanan […]
Pelayanan merupakan salah satu ujung tombak dari upaya pemuasan pelanggan dan merupakan keharusan yang wajib dioptimalkan baik oleh individu maupun organisasi. Karena dari bentuk pelayanan yang diberikan tercermin kualitas individu atau organisasi yang memberikan pelayanan. Pelayanan adalah aktivitas yang diberikan untuk membantu, menyiapkan, dan mengurus baik itu berupa barang atau jasa dari satu pihak ke […]